Kamis, 07 Mei 2009

Cosplay Yukz....!!

Belakangan ini, cosplay sering sekali disebut-sebut dan muncul di acara-acara yang bernuansa jepang. Penasaran ngga’ sih apaan cosplay itu???


Cosplay adalah kependekan dari costume playing yang kalau diucapkan dengan lidah Jepang menjadi kospure. Cosplay adalah suatu bentuk ekspresi kecintaan pada anime, manga, game atau J-artist [ artis Jepang ].


Di Jepang, cosplay berawal dari kegiatan promosi suatu anime atau acara TV lainnya [tokusatsu, iklan, dan lain-lain]. Pada acara launching merchadise atau produk di tempat umum seperti do toko-toko. Ada orang yang berpakaian seperti tokoh2 yang berhubungan dengan anime atau produk2 yang dipromosikan agar menarik perhatian penngunjung. Dari situ lama kelamaan berkostum seperti tokoh2 anime atau game juga dilakukan oleh para fans.


Dengan semakin meluasnya anime dan game Jepang, maka cosplay pun mulai melebar sampai ke Indonesia. Meski di Jepang cosplay berlaku untuk karakter apa saja, tapi bagi fanz di luar Jepang, istilah cosplay digunakan khusus untuk kostum karakter2 anime, manga, game, tokusatsu dan artis yang berasal dari Jepang. Dalam ber-cosplay biasanya si pemakai kostum sering meniru tingkah laku dan tindakan asli karakternya.

Untuk mendapatkan kostum karakter yang ditiru, masih banyak cosplayer yang membuatbahkan menjahit kostumnya sendiri. Tapi sekarang sudah banyak toko-toko yang menjual perlengkapan cosplay, mulai dari baju, wig, sampai ke aksesori tambahan yang sesuai. Bagi cosplayer di Indonesia bisa mencari di toko cosplay onlline. Tentu saja harganya cukup mahal. Selain itu beredar buku panduan cosplay, lengkap dengan gambar dan pola desain kostum berbagai karakter, dan juga ada video mengenai cosplay.

Ditulis Oleh : Miyako Komatsu

0 komentar: