Kamis, 07 Mei 2009

A N I M A S I

A nimasi ada sejak tahun 1913 berkat dari first experimen, Shimokawa bokoten, Koichi Junichi, Sitamaya Seitaro di ikut film Oten Simokawa Mukuzogenkanban Nomaki berdurasi 5 menit dibuat 6 bulan dan masih merupakan film bisu.


T ahun 1927 amerika membuat anim dengan suara musik, kemudian jepang mengikutinya dengan film Kujira karya Noburi Oruji anim berbicara pertama Koru Ygo karya Ofuji tahun 1930 berdurasi 90 detik. Tahun 60-an seperti 8-man menceritakan tokoh utamanya mati terbunuh kemudian hidup kembali sebagi cyborg. Semua menceritakan kebaikan dan kejahatan.


R obot besar muncul dalam anim tahun 1966 karangan Shittaro Keneda, tetsujin 28, kemudian muncul anim2 yang bertema serupa.


T ahun 1979 muncul Kidou Senshi gundam, merupakan “formula campuran” antara robot dari Tetsujin 28 & cerita pahlawan luar angkasa dari Uchuu Senkan Yamato. Tahun era 80-an anim semakin digemari, didukung dengan adanya kaset video dengan teknologi VCR. Hal ini mendorong munculnya video anim yang langsung dijual tanpa menayangkan dulu, dikenal dengan OVA (Original Video Animation). Era 80-90an awal, Akira Toriyama & Rumiko Takahashi disebut mangaka dan manga yang menguasai dunia anim. Toriyama dengan Dragon Ballz muncul pada tahun 1986 & Takahashi dengan karya Urusei Yatsura & Ranma ½, Maison Ikokku bertema komedi & roman, Go Nagai karyanya untuk anak dewasa & dikenal sebagai pencipta robot super. Di Indonesia anim yang buming adalah kisah Naruto atau kisah Ichigo Kurosaki. Dengan muncul anim2 bertema kompleks kan anim bukan hanya untuk tontonan anak2... kan menjadi tontonan berbagai macam tingkat usia...^^v



Ditulis Oleh:
Miyako Komatsu

0 komentar: